Tercatat, Sudah 4 Kali Polres Gorontalo Dilanda Banjir Bandang.

Limboto –  Markas Kepolisian Resor Gorontalo Polda Gorontalo kembali diterjang banjir Bandang pada Rabu (22/09/2021) sekitar pukul 15.30 wita disebabkan jebolnya tanggul bagian belakang barak bujang, dimana tanggul tersebut tidak mampu menahan debit air sungai biyonga Limboto tepat berada di samping Mapolres Gorontalo.

Kapolri

Kapolres Gorontalo AKBP Ahmad Pardomuan, SIK, MH melalui Waka Polres Gorontalo Kompol Lufti Amir, SH, SIK, MH menuturkan bahwa tercatat sudah 4 kali Mapolres Gorontalo menjadi langganan banjir bandang yang disebabkan tanggul di samping mapolres jebol oleh luapan air sungai biyonga Limboto yang  naik setiap intensitas curah hujan diwilayah Limboto meningkat.

“musibah banjir bandang ini tercatat sudah empat kali melanda Mapolres Gorontalo, yakni dari tahun 2011, tahun 2016 sebanyak 2 kali dan tahun 2021 yang kembali lagi terulang.” Tutur Waka Polres Gorontalo.

Personil Lakukan Bersih-Bersih dimasing-masing Ruangan Pasca Air Bandang surut

Kompol Lufti juga menyampaikan bahwa seluruh ruangan baik terkait ruang pelayanan ataupun rungan staf yang berada dibangunan inti terendam oleh air bercampur lumpur yang ketinggiannya sekitar 25 cm sampai 30 cm.

“untuk ruangan baik yang berada dibangunan inti maupun ruang pelayanan, seluruhnya terendam oleh air yang bercampur lumpur yang tingginya sekitar 25 cm sampai 30 cm. sedangkan ketinggian air yang berada di halaman depan Mapolres setinggi lutut orang dewasa.” Ungkap Kompol Lufti.

“setelah air surut sekitar jam 17.45 wita, seluruh anggota pun langusung melakukan corvei diruangan masing-masing untuk mengeluarkan lumpur yang tertinggal” tambah Waka Polres Gorontalo.

Waka Polres juga menginformasikan, bahwa dari musibah ini, bangunan yang rusak parah yakni beberapa asrama yang berada di bagian belakang dekat tanggul yang jebol.

“dari musibah ini, keruskan yang terparah yakni beberapa bangunan asrama polri tepat berada di samping tanggul yang jebol dimana ketinggian air ditempat itu sepinggang orang dewasa” pungkasnya.

Kondisi Tanggul yang Jebol tepat berada di samping Barak Bujang Polres Gorontalo

 

Penulis   :    Desry

Editor     :    RR Katili

Publish   :    Desry