STANDAR PELAYANAN PENERBITAN SIM DILINGKUNGAN POLRES GORONTALO

KEP PENETAPAN STANDAR PELAYANAN (SP)

  1. STANDAR PELAYANAN PADA SATPAS POLRES GORONTALO

 

  1. JENIS PELAYANAN : PELAYANAN PENERBITAN SIM

 

  1. PELAYANAN PENERBITAN SIM BARU DAN PENINGKATAN GOLONGAN.

 

 

NO

 

JENIS PELAYANAN

 

PENERBITAN SIM BARU DAN PENINGKATAN

1 DASAR  

1.       Undang-undang Negara Republik Indonesia

Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara

Republik Indonesia.

 

2.       Undang – undang Negara Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

 

3.       Undang – undang No. 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

 

4.       Peraturan Pemerintah no.60 tahun 2016 tentang tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia.

 

5.       Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 9 tahun 2012 tentang Surat Izin Mengemudi.

 

 

2

 

PERSYARATAN

 

1.          Identitas Diri berupa KTP Elektronik Asli dan Foto copy.

 

2.          Sehat Jasmani dan Rohani dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari Dokter Puskes/Rumah Sakit/Dokter Polri/maupun yang mendapat rekomendasi dari Polri.

 

3.          Sim Asli dan fotocopi (untuk peningkatan Golongan SIM A Umum, B dan B Umum).

 

4.          SKUKP (Untuk  peningkatan Golongan SIM A Umum, B dan B Umum.

 

 

 

 

3

 

PROSEDUR

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

JIKA UJIAN TEORI & PRAKTEK TIDAK LULUS, KEMBALI LAGI 7 HARI KEMUDIAN.
PESYARATANN
PEMBAYARAN PNBP SIM
LULUS/

CETAK SIM

REGISTRASI

 

IDENTIFIKASI
UJIAN KETERAMPILAN SIMULATOR
UJIAN PRAKTIKK
UJIAN TEORI
    Catatan:

a.        Pemohon sim membawa syarat kelengkapan berkas

b.       Petugas informasi menerima dan memeriksa kelengkapan berkas persyaratan pemohon sim,

c.        Pemohon sim mengisi data identitas pada formulir pendaftaran yang telah disiapkan oleh petugas informasi.

d.       Petugas registrasi melakukan pendaftaran pemohon sim,

e.       Pemohon membayar PNBP pada loket BRI,

f.         Petugas entry data melakukan identifikasi dengan pengambilan foto,sidik jari dan tanda tangan,

g.        Pemohon  melaksanakan ujian teori secara online (jika lulus dapat melanjutkan ujian simulator, jika tidak lulus pemohon dapat melakukan ujian ulang selang 7 hari sejak dinyatakan tidak lulus.

h.       Pemohon sim melakukan ujian praktek I (jika lulus dapat lanjut ke praktek II, jika tidak lulus dapat melakukan ujian ulang selang 7 hari sejak dinyatakan tidak lulus.

i.         Pemohon sim melakukan ujian praktek II (jika tidak lulus dapat melakukan ujian ulang selang 7 hari sejak dinyatakan tidak lulus. Apabila lulus ujian Praktek II selanjutnya melakukan penerbitan Sim.

j.         SIM yang akan dialihkan golongan yakni telah diterbitkan 12 bulan yang dijelaskan sebagai berikut:

·         SIM A bagi pengajuan golongan SIM A Umum dan BI

·         SIM A Umum pengajuan golongan SIM BI Umum

·         SIM BI pengajuan golongan SIM BI Umum dan BII

·         SIM BI Umum dan BII bagi pengajuan golongan SIM BII Umum.

 

 

4 WAKTU PELAYANAN Hari Pelayanan Satpas Polres Gorontalo yakni

Senin – Jumat

Pukul. 08.00 s/d 14.00 wita

 

Standar waktu prosedur penerbitan Sim yakni:

1.       SIM A                         = 120 MENIT

2.       SIM A UMUM          = 120 MENIT

3.       SIM BI                        = 120 MENIT

4.       SIM BI UMUM          = 120 MENIT

5.       SIM BII                       = 120 MENIT

6.       SIM BII UMUM         = 120 MENIT

7.       SIM C                         = 120 MENIT

8.       SIM D                         = 120 MENIT

5 BIAYA / TARIF  

1.       SIM A, BI, BII              = Rp. 120.000

 

2.       SIMC,               = Rp. 100.000

 

3.       SIM D, DI                    = Rp.    50.000

6 PENGELOLAAN PENGADUAN 1.       Media sosial

Facebook : satlantasresgoronatlo

Instagram : satlantasresgorontalo

2.       Kotak saran/pengaduan

3.       Telepon Ke Nomor : 08114326363

7 SARANA DAN PRASARANA 1.       Ruang Tunggu  Pemohon.

2.       Ruang Ujian Teori

3.       Ruang Ibu Menyusui

4.       Ruang bermain anak

5.       Ruang Arsip

6.       Ruang pengaduan

7.       Ruang register,ident,teori

8.       Lapangan praktek

9.       Gudang

10.   Alat Tulis Kantor

11.   Meja Register

12.   Meja dan kursi register, ident, teori praktek,benma

13.   Komputer Register

14.   Komputer Identifikasi

15.   Komputer Ujian Teori dan Praktek

16.   Komputer Benma

17.   Buku Register

18.   Lemari Arsip

19.   TV dan Lemari Tv

20.   Banner bebas calo

21.   Spanduk Mekanisme penerbitan sim

22.   Spanduk prosedur penerbitan sim

23.   Spanduk SOP penerbiatan Sim

24.   Spanduk Rambu – rambu lalu lintas

25.   Banner Maklumat Pelayanan

26.   Banner Kode etik Pelayanan

27.   Banner Janji pelayanan

28.   Banner uraian tugas pelayanan publik

29.   Banner Biaya PNBP Sim

30.   Banner Waktu Pelayanan Sim

31.   Banner Target waktu penerbitan Sim.

8 KOMPETENSI PELAKSANA 1.       Sudah Memiliki Sertifikasi Penguji Sim

2.       Menguasai Komputer

3.       Menguasai tata Bahasa yang Baik dan sopan santun.

9 PENGAWASAN INTERNAL 1.       Pengawasan dilakukan oleh atasan  langsung secara berjenjang.

2.       Pengawasan dilakukan oleh Kasipropam Polres Gorontalo.

10 JUMLAH PELAKSANA 9 ANGGOTA TERDIRI:

a.        1 orang Petugas Informasi

b.       2 orang Petugas Loket Pendaftaran

c.        2 orang Petugas Identifikasi

d.       1 orang Petugas Ujian Teori

e.       1 orang Petugas Ujian Praktek

f.         1 orang Petugas Cetak Sim.

g.        1 orang Petugas Benma

11 JAMINAN PELAYANAN 1.       Tersedia Nomor Antrian

2.       Melaksanakan pelayanan sesuai standar yang ditetapkan.

3.       Aparatur Penyelenggara pelayanan memiliki Kompetensi yang memadai

4.       Pelayanan diberikan secara cepat, tepat, dan hasilnya dapat dipertanggung jawabkan.

12 JAMINAN KEAMANAN DAN KESELAMATAN 1.       Penerbitan Sim sesuai dengan peraturan Kapolri No.9 Tahun 2012 tentang SIM.

2.       Jaminan Asuransi jasa raharja Apabila mengalami kecelakaan,

3.       Keamanan Lokasi pelayanan didukung dengan penempatan personil Provos di area pelayanan.

4.       Tersedia Jalur Evakuasi jika terjadi bencana.

13 EVALUASI KINERJA PELAKSANA Dilaksanakan monitoring dan evaluasi kinerja minimal 6 bulan sekali.

 

 

  1. JENIS PELAYANAN : PELAYANAN PENERBITAN SIM

 

  1. PELAYANAN PENERBITAN SIM PERPANJANGAN, HILANG, RUSAK DAN PENURUNAN.
 

NO

 

JENIS PELAYANAN

 

PENERBITAN SIM PERPANJANGAN, HILANG, RUSAK DAN PENURUNAN.

1 DASAR 1.       Undang-undang Negara Republik Indonesia

Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara

Republik Indonesia.

2.       Undang – undang Negara Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

3.       Undang – undang No. 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

4.       Peraturan Pemerintah no.60 tahun 2016 tentang tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia.

5.       Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 9 tahun 2012 tentang Surat Izin Mengemudi.

 

 

2

 

PERSYARATAN

1.          Identitas Diri berupa KTP Elektronik Asli dan Foto copy.

2.          Sehat Jasmani dan Rohani dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari Dokter Puskes/Rumah Sakit/Dokter Polri/maupun yang mendapat rekomendasi dari Polri.

3.          Sim Asli dan fotocopi (untuk penurunan Golongan SIM A Umum, B dan B Umum).

4.          SKUKP (Untuk  penurunan Golongan SIM A Umum, B dan B Umum.

 

4

 

PROSEDUR

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CETAK SIM
PEMBAYARAN PNBP SIM
PEMOHON
REGISTRASI

 

 

IDENTIFIKASI
    Catatan:

a.        Pemohon sim membawa syarat kelengkapan berkas

b.       Petugas informasi menerima dan memeriksa kelengkapan berkas persyaratan pemohon sim,

c.        Pemohon sim mengisi data identitas pada formulir pendaftaran yang telah disiapkan oleh petugas informasi.

d.       Petugas registrasi melakukan pendaftaran pemohon sim,

e.       Pemohon membayar PNBP pada loket BRI,

f.         Petugas entry data melakukan identifikasi dengan pengambilan foto,sidik jari dan tanda tangan,

g.        Petugas cetak melakukan cetak sim.

 

5 WAKTU PELAYANAN  

1.       SIM A                         = 60 MENIT

2.       SIM A UMUM          = 60 MENIT

3.       SIM BI                        = 60 MENIT

4.       SIM BI UMUM          = 60 MENIT

5.       SIM BII                       = 60 MENIT

6.       SIM BII UMUM         = 60 MENIT

7.       SIM C                         = 60 MENIT

8.       SIM D                         = 60 MENIT

6 BIAYA / TARIF  

1.       SIM A, BI, BII              = Rp. 80.000

 

2.       SIMC, CI, CII               = Rp. 75.000

 

3.       SIM D, DI                    = Rp. 30.000

7 PENGELOLAAN PENGADUAN  

1.       Media sosial

Facebook : satlantasresgoronatlo

Instagram : satlantasresgorontalo

2.       Kotak saran/pengaduan

3.       Telepon Ke Nomor : 08114326363

8 SARANA DAN PRASARANA 1.       Ruang Tunggu  Pemohon.

2.       Ruang Ujian Teori

3.       Ruang Ibu Menyusui

4.       Ruang bermain anak

5.       Ruang Arsip

6.       Ruang pengaduan

7.       Ruang register,ident,teori

8.       Lapangan praktek

9.       Gudang

10.   Alat Tulis Kantor

11.   Meja Register

12.   Meja dan kursi register, ident, teori praktek,benma

13.   Komputer Register

14.   Komputer Identifikasi

15.   Komputer Ujian Teori dan Praktek

16.   Komputer Benma

17.   Buku Register

18.   Lemari Arsip

19.   TV dan Lemari Tv

20.   Banner bebas calo

21.   Spanduk Mekanisme penerbitan sim

22.   Spanduk prosedur penerbitan sim

23.   Spanduk SOP penerbiatan Sim

24.   Spanduk Rambu – rambu lalu lintas

25.   Banner Maklumat Pelayanan

26.   Banner Kode etik Pelayanan

27.   Banner Janji pelayanan

28.   Banner uraian tugas pelayanan publik

29.   Banner Biaya PNBP Sim

30.   Banner Waktu Pelayanan Sim

31.   Banner Target waktu penerbitan Sim.

9 KOMPETENSI PELAKSANA 1.       Sudah Memiliki Sertifikasi Penguji Sim

2.       Menguasai Komputer

3.       Menguasai tata Bahasa yang Baik dan sopan santun.

10 PENGAWASAN INTERNAL 1.       Pengawasan dilakukan oleh atasan  langsung secara berjenjang.

2.       Pengawasan dilakukan oleh Kasipropam Polres Gorontalo.

11 JUMLAH PELAKSANA  

9         ANGGOTA TERDIRI:

a.       1 orang Petugas Informasi

b.       2 orang Petugas Loket Pendaftaran

c.        2 orang Petugas Identifikasi

d.       1 orang Petugas Ujian Teori

e.       1 orang Petugas Ujian Praktek

f.         1 orang Petugas Cetak Sim.

g.        1 orang Petugas Benma

12 JAMINAN PELAYANAN  

1.       Tersedia Nomor Antrian

2.       Melaksanakan pelayanan sesuai standar yang ditetapkan.

3.       Aparatur Penyelenggara pelayanan memiliki Kompetensi yang memadai

4.       Pelayanan diberikan secara cepat, tepat, dan hasilnya dapat dipertanggung jawabkan.

13 JAMINAN KEAMANAN DAN KESELAMATAN 1.       Penerbitan Sim sesuai dengan peraturan Kapolri No.9 Tahun 2012 tentang SIM.

2.       Jaminan Asuransi jasa raharja Apabila mengalami kecelakaan,

3.       Keamanan Lokasi pelayanan didukung dengan penempatan personil Provos di area pelayanan.

4.       Tersedia Jalur Evakuasi jika terjadi bencana.

14 EVALUASI KINERJA PELAKSANA Dilaksanakan monitoring dan evaluasi kinerja minimal 6 bulan sekali.