Bhabinkamtibmas Polsek Tolangohula Sosialisasikan PMK Kepada Warga Pemilik Hewan Ternak Sapi Diwilayah Asparaga.

resgorontalo.gorontalo.polri.go.id – Bhabinkamtibmas Polsek Tolangohula Polres Gorontalo Bripka Arun Sitohang melakukan pemantauan dan monitoring Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) diwilayah Kecamatan Asparaga Kabupaten Gorontalo, Minggu (02/10/2022) Jam 10.00 wita.

Kapolri

Pada kegiatan itu, Bripka Arun menemui warga Desa Prima Kecamatan Asparaga Kabupaten Gorontalo yang memilik kandang hewan ternak sapi, sekaligus menginformasikan terkait beberapa gejala Penyakit Mulut dan Kuku yang menyerang hewan ternak seperti adanya lepuhan berisi cairan atau luka yang terdapat pada lidah, gusi, hidung dan kuku yang terinfeksi. Hewan tidak mampu berjalan (pincang). Air liur berlebih. serta hilang nafsu makan dari hewan ternak.

“untuk warga pemilik hewan ternak yang berada di Desa Prima, kami sudah menginformasikan untuk lebih memperhatikan hewan ternaknya terkait gejala-gejala adanya penyakit Mulut dan Kuku” ujar Bripka Arun.

Lebih lanjut Bripka Arun mengajak warga Desa Prima, bilamana menemukan adanya idikasi hewan ternak terkena penyakit tersebut, segera melaporkan kepada aparat terdekat guna segera dilakukan penanganan secepatnya.

“kepada warga, kami mengajak bilamana adanya hewan ternak terindikasi penyakit tersebut, untuk kiranya segera melaporkannya kepada aparat terdekat,  guna dilakukan penanganan lebih lanjut” ajaknya.

terakhir, Bripka Arun menyarankan kepada pemilik hewan ternak untuk rutin memeriksa kondisi kesehatan hewan ternaknya, serta selalu memperhatikan pakan yang diberikan dan kebersihan kandang.

“kami juga menyarankan kepada pemilik hewan ternak untuk dilakukan vaksinasi hewan, dan  memperhatikan pakan yang diberikan sekaligus kondisi serta kebersihan kandang” Tandas Bripka Arun

 

 

 

Penulis   :    Yolanda

Editor     :    RR Katili

Publish   :    Yolanda