Antisipasi Bencana Alam Diwilayahnya, Kabupaten Gorontalo Gelar Apel Kesiapsiagaan.

Limboto – Untuk mencegah kemungkinan bencana alam terjadi, jajaran terkait wilayah Kabupaten Gorontalo menggelar kegiatan Apel Kesiapsiagaan tanggap bencana di Sport Center Limboto, Rabu (11/11/2020) Jam 08.15 wita.

Adapun pengemban fungsi yang mengikuti kegiatan tersebut yakni pihak Polres Gorontalo, TNI, BPBD Kabupaten Gorontalo, Dinas PUPR, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Tagana, Damkar, PDAM serta Karang Taruna Kabupaten Gorontalo.

Dengan dihadiri oleh Kapolres Gorontalo AKBP Ade Permana, SIK, MH, pihak TNI Kodim 1314 Gorontalo Utara, para kepala dinas terkait, Organiasasi Perangkat Daerah (OPD) Kab Gorontalo, pejabat Polres Gorontalo dan tamu undangan lainnya.

Plt. Bupati Gorontalo Bapak Hi. Herman Walangadi selaku Pimpinan Apel mengemukakan bahwa kegiatan apel ini bertujuan untuk menyatukan persepsi dan cara bertindak serta kesiapan sarana dan prasarana yang akan digunakan melalui koordinasi yang baik antar satuan kerja pengemban tanggap bencana demi kewaspadaan dan kesiapsiagaan  untuk mengantisipasi setiap kejadian bencana yang terjadi khususnya diwilayah Kabupaten Gorontalo guna mencegah dan meminimalisir timbulnya korban serta mempersiapkan penganganan tingkat lanjut.

Selain itu, Pimpinan Apel berharap, melalui kegiatan ini, dapat memperkuat sinergitas lintas Instansi dalam rangka penanggulangan bencana diwilayah Kabupaten Gorontalo.

Sebelum mengakhiri amanatnya, Bapak Herman Walangadi menyampaikan beberapa perhatian kepada seluruh peserta apel yaitu, melakukan deteksi dini terhadap setiap perkembangan perubahan iklim, memetakan wilayah yang rawan bencana guna menentukan langkah-langkah antisipasi, mensosialisasikan kepada warga yang tinggal di lokasi rawan bencana dengan mengedepankan tiga pilar yakni Kepala Desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Selanjutnya, meningkatkan kerjasama dengan memperkokoh sinergitas antar satuan kerja, senantiasa menjaga kesehatan dan keselamatan diri, serta yang terkahir bersikap tulus dan ikhlas dalam setiap menjalankan tugas yang diemban.

Rangkaian kegiatan apel pun dilanjutkan dengan pemeriksaan kendaraan dan alat-alat perlengkapan penanganan bencana alam yang digelar ditempat tersebut.

 

 

Penulis     :  Desry

Editor       :  RR Katili

Publish     :  Desry